Minggu, 31 Oktober 2010

Electronic Data Interchange & Information Organization System

Electronic Data Interchange & Information Organization System

Pendahuluan

Pada Kesempatan Kali ini saya akan membahas Electronic Data Interchange (EDI) & Information Organization System (IOS) lebih dalam lagi. Banyak hal yang menyangkut EDI dan IOS ini. Sebelumnya sudah sedikit di jelaskan tentang EDI dan IOS pada pembahsan E-Commerce, namun pada Kesempatan Kali ini saya akan membahasnya lebih detail lagi.

Tinjauan Pustaka

Electronic Data Interchange (EDI) adalah Merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Adanya EDI dapat mempercepat proses bisnis. Kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet.

Suatu IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), kadang-kadang disebut system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Pembahasan

Perusahaan yang menjalan perdagangan melalui jaringan elektronika adalah rencana yang strategis yang butuh perencanaan yang matang, mereka dihadapkan pada keputusan mengenai pemilihan strategi, metodelogi, dan teknologi terbaik. Strategi utama adalah membangun sistem antar organisasi (Interorganizational System-IOS) yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerja sama sebagai salah satu unit tunggal. salah satu cara yang paling efektif menghubungkan para mitra bisnis IOS adalah dengan arus data komputer suatu konsep yang disebut pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange) atau EDI.dengan kata lain dokumen yang berbasis kertas digantikan oleh data elektronik yang ditransmisikan oleh sejumlah sarana. EDI bergantung pada transmisi elektronik, tetapi belum tentu email atau menggunakan Internet. Setidaknya, EDI memerlukan beberapa tingkat infrastruktur teknologi informasi yang canggih, yang meliputi pengolahan data dan kemampuan jaringan.

Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.

Tujuan utama dari pemakaian teknologi EDI, sebenarnya adalah agar teknologi ini dapat membantu para pelaku bisnis mengkomunikasikan dokumennya dengan pihak lain lebih cepat, akurat dan lebih efisien karena sifatnya yang dapat mengeliminir kesalahan yang diakibatkan proses re-entry dan dapat mengurangi pemakaian kertas, komunikasi dan biaya-biaya lain yang timbul pada metode konvensional sehingga diharapkan dapat menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan dan diharapkan dapat meningkatkan laba kepada pemakainya. Apabila proses tersebut terpenuhi, otomatis proses bisnis internal perusahaan tersebut akan menjadi lebih baik, terencana dan pada akhirnya hubungan bisnis dengan pihak lain-pun akan dapat lebih baik juga

EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

Prinsip Teknologi EDI

Prinsip dari teknologi EDI sebenarnya adalah menerjemahkan bahasa aplikasi dari sistim yang sama-sekali berbeda menjadi bahasa yang terstandarisasi, sebagai contoh dalam hal ini UN/EDIFACT yang merupakan singkatan dari United Nation Electronic Data Interchange for Administration, Commerce and Transport, disini bisa dilihat bahwa bahasa tersebut distandardisasi oleh PBB.

Teknologi EDI ini adalah teknologi ‘less investment’ dimana pelaku bisnis tidak perlu lagi membeli peralatan baru sebagai infrastruktur untuk pertukaran dokumennya, dengan kata lain tetap menggunakan peralatan yang telah tersedia.

Componen dasar EDI

  • Hub (pihak yang memberikan perintah)
  • Spoke (pihak yang menerima perintah)
  • Computer (sebagai electronic hardware)
  • Electronic software

Kelebihan/keutamaan EDI

  • Revenue Stream yang baru
  • Meningkatkan market (exposure)
  • Menurunkan biaya operational (operational cost)
  • Memperpendek waktu,automatic
  • Mengurangi informasi data yang mengembang
  • Meningkatkan supplier management
  • Melebarkan jangkawan (global reach)
  • Meningkatkan customer loyality (customer service)
  • Meningkatkan value chain

IOS ( Information Organization System )

Suatu IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), kadang-kadang disebut system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal. mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Manfaat IOS

Manfaat IOS terbagi kedalam dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar-menawar.

  • Efisiensi Komparatif : Dengan bergabung Dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka
  • Kekuatan Tawar-menawar : Kemampuan sutu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian, dan dengan meningkatkan biaya peralihan .

Kelebihan IOS

  • Keistimewaan Produk yang unik : hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pesanan yang lebih rendah, yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat
  • Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian : dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok.
  • Meningkatkan biaya peralihan : Suatu perusahaan ingin agar jika pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan bagi pelanggan sumber daya informasi seperti perangkat keras.

Klasifikasi IOS berdasarkan teknologinya :

  • Electronic data interchange (EDI)
  • Extranets
  • XML
  • Web services

Penutup

Electronic Data Interchange (EDI) & Information Organization System (IOS) adalah dua hal yang mungkin tidak dapat dipisahkan, karena dua-duanya saling berhubungan erat satu sama lain. EDI bertujuan menggantikan data-data yang berbentuk kertas menjadi data-data elektronik, sedangkan IOS merupakan sekumpulan perusahaan atau organisasi yang saling terkait dan menggunakan suatu sistem tunggal yang sama. Pleh karena itu peran Edi sangat;ah peting dalam suatau kumpulan organisasi (IOS).

Referensi

http://repository.ui.ac.id/…/116ec84cd4f5c6e0caf3867f01a1898808510673.pdf

http://prandiricosecretcode.blogspot.com/2009/12/sistem-antar-organisasi-ios.html

http://blog.unila.ac.id/nurul170389/2009/03/14/elektronik-data-interchange/

http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12526/EDI.pdf

http://masbudiyono.files.wordpress.com/2009/03/09-ios-dan-gis.pdf

http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html

www.kotadingin.cc.cc

http://ruthl25th.multiply.com/journal/item/2

http://www.slideshare.net/naveedtaji/organizational-information-system

http://www.total.or.id/info.php?kk=Electronic%20Data%20Interchange

Tidak ada komentar:

Posting Komentar